Jawaban Tugas 2 RPL tentang Software Process

Jawaban Tugas 2 RPL tentang Software Process

Hosting Unlimited Indonesia
1. Sarankan (dan berikan penjelasan yang rinci) model proses generik yang paling
sesuai yang dapat dipakai sebagai dasar pengembangan manajemen
pengembangan sistem :
  • Sistem akutansi universitas yang menggantikan sistem yang ada: Pendekatan Pengembangan Re-Usable karena model ini menerapkan pendekatan pakai-ulang yang sistematik dimana sistem dintegrasikan dari komponen-komponen yang telah tersedia atau disebut COTS  (Commercial-off-the-shelf) systems. Dalam suatu project system requirements selalu mengalami perubahan, itulah sebabnya iterasi proses pada tahapan awal yang selalu dikerjakan berulang-ulang menjadi bagian dari proses sehingga kesalahan dapat diminimalisir sekecil mungkin. Model ini terdapat 2 pendekatan incremental development dan spiral development sehingga cocok untuk sistem akutansi universitas.
  • Sistem untuk mengontrol pengereman pada mobi: Pendekatan pengembangan sistem Formal karena model ini didasarkan pada perubahan bentuk spesifikasi matematika melalui representasi yang berbeda menjadi program  executable. Perubahan bentuk bersifat ‘correctness-preserving’, sehingga secara langsung dapat menunjukkan bahwa program telah sesuai dengan spesifikasinya. Model ini dapat diterapkan pada sistem-sistem kritis khususnya sistem yang mengutamakan faktor keselamatan dan keamanan sebelum sistem utamanya dioperasikan, seperti pada sistem untuk mengontrol pengereman pada mobil.
2. Jelaskan permasalahan yang sering muncul pada evolutionary development ?
  • Kekurangan visibilitas proses: Manager-manager membutuhkan “deliverables” yang teratur untuk mengukur kemajuan. Jika sistem dikembangkan dengan cepat akan terjadi pemborosan pada pembuatan dokumen yang menggambarkan setiap versi sistem.
  • Model sistem biasanya tidak terstruktur: Kecenderungan perubahan yang terus menerus akan mengurangi stuktrur dari perangkat lunak. Evolusi perangkat lunak terlihat sulit dan mahal.c. Membutuhkan kemampuan khusus (mis.: bahasa pemrograman untuk rapid prototyping): Tidak jelas batasan ketrampilan yang normal dalam rekayasa perangkat lunak yang mungkin dapat digunakan secara efektif dalam model pengembangan ini. Kebanyakan sistem yang dikembangkan melalui cara ini telah diimplementasikan oleh kelompok kecil yang memiliki ketrampilan yang tinggi dan motivasi yang kuat.
3. Jelaskan bagaimana metode waterfall dan metode pengembangan formal dapat
diakomodasi pada model proses spiral ?
  • Teknik spiral mencoba menggabungkan model waterfall dan metode pengembangan formal karena dengan begitu proses dapat direpresentasikan sebagai model spiral serta setiap loop menyatakan fase proses, tidak terdapat fase tertentu seperti spesifikasi atau perancangan, tetapi loop dalam spiral ditentukan pada apa yang dibutuhkan. Sehingga dengan mengamodasikan kedua model tersebut maka bisa digunakan untuk proyek besar yang mahal dan rumit
Hosting Unlimited Indonesia
Share