Hari ke-9: Indahnya Kebersamaan di Malam Pertama Ramadhan Bersama Keluarga Pak Klebun

Hari ke-9: Indahnya Kebersamaan di Malam Pertama Ramadhan Bersama Keluarga Pak Klebun

Hari ini dalah hari selasa, hari terakhir sebelum bulan puasa datang menyambut. Seperti budaya dan rutinitas tahunan banyak warga berbelanja ke pasar untuk mempersiapkan menyambut bulan yang penuh barokah, tak luput juga kelompokku pergi ke pasar untuk berbelanja keperluan puasa. Saya, Syamsul, Vivin dan Desi, kami berempat pun pergi ke pasar sekitar jam 08.00 berbelanja sesuai daftar belanjaan yang telah di tentukan. Sekitar 2 jam-an keliling pasar kami berempat selesai berbelanja dan pulang.

Menjelang maghrib suasana bulan Ramadhan sudah mulai terasa, ini bukan pertama kalinya saya puasa pertama jauh dari orang tua dan keluarga, tapi kalau untuk yang lain mungkin ini yang pertama kalinya.

Jam 18.45 Adzan isyak berkumandang, inilah awal mula kebersamaan dengan keluarga pak klebun dan pak sekdes. Kami semua berbaur dan shalat isya’ serta tarawih bersama-sama dengan pak Klebun menjadi imam shalat. Selesai shalat tarawih kami lanjutkan tadarus bersama-sama, kami mengambil 2 jus tiap malamnya.

 hari ke-9

 hari ke-9+2

Selesai tadarus, kini  giliran kami untuk berkumpul bersama kelompok 2. Kami saling share tentang pengalaman pertama berpuasa jauh dari orang tua, ternyata benar kebanyakan teman-temanku ini adalah pengalaman pertama bagi mereka. Bahkan salah satu diantara kita ada yang menangis karena ini adalah pertama kalinya, apalagi kalau mendengar tadarus menambah kegelisahan hatinya, katanya…. 😀

Bukannya saya mengungkiri, saya pun juga merasakan kegelihasan ketika berpuasa jauh dari orang tua, tapi kita sudah dewasa bukan anak kecil lagi yang harus selalu menempel kepada orang tua seperti prangko. Karena tak selamanya kita akan selalu bersama orang tua. Malam semakin larut, biar gak ke siangan bangun dan juga sahur maka kami pun tidur.

Waktu menunjukkan jam 03.00, kini waktunya untuk sahur. Kali ini kami sahur bersama pak Klebun, sungguh nikmat puasa yang luar biasa ketika kami berpuasa jauh dari orang tua. Subbhanallah……

Itulah nikmat pertama kami berpuasa di tempat KKN di Desa Tobai Timur

Share