The Open Group Architecture Framework – BAB I

The Open Group Architecture Framework – BAB I

BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1.  Sejarah

TOGAF dimulai awal 1990-an sebagai metodologi untuk pengembangan arsitektur teknis, dan telah dikembangkan oleh The Open Group ke dalam kerangka arsitektur enterprise yang luas.  Pada tahun 1995 , versi pertama dari TOGAF (TOGAF 1.0) disajikan. Versi ini terutama didasarkan pada Architecture Framework Teknis Pengelolaan Informasi (TAFIM), dikembangkan sejak tahun 1980 oleh an Departemen Pertahanan AS.

Pada bulan Desember 2001 TOGAF 7, “Edisi Teknis “, diterbitkan  TOGAF 8 (“Enterprise Edition”) pertama kali diterbitkan pada bulan Desember 2002 dan diterbitkan dalam bentuk diperbarui TOGAF 8.1 pada bulan Desember 2003. Sekitar tahun 2005 menjadi TOGAFTM merek dagang terdaftar dari The Open Group.  Pada bulan November 2006 Open Group dirilis TOGAF 8.1.1. Menurut The Open Group , pada Februari 2011, lebih dari 15.000 individu TOGAF Bersertifikat.  Pada September 2012 register resmi memiliki lebih dari 20.000 individu bersertifikat.

Versi terakhir adalah TOGAF 9.1, diluncurkan pada tanggal 1 Desember 2011. Sebuah perkembangan evolusi dari TOGAF 8, TOGAF 9  mencakup banyak fitur baru termasuk :

  • Peningkatan kekakuan, termasuk Konten Metamodel resmi yang menghubungkan artefak TOGAF bersama-sama ( walaupun ada beberapa masalah dengan Metamodel tersebut ) .
  • Penghapusan perbedaan yang tidak perlu.
  • Banyak lagi contoh dan template.

Panduan dan teknik tambahan meliputi:

  • Sebuah pendekatan bisnis berbasis formal arsitektur.
  • Kemampuan bisnis berbasis perencanaan.
  • Bimbingan tentang cara menggunakan TOGAF untuk mengembangkan Arsitektur dan Keamanan SOAs.

The Open Group menyediakan TOGAF gratis kepada organisasi untuk tujuan non-komersial internal mereka sendiri. Jadi The  open  group  architecture  framework  (TOGAF)  adalah  suatu  framework  untuk  arsitektur  perusahaan  yang memberikan  pendekatan  yang  komprehensif  untuk  merancang,  perencanaan,  pelaksanaan,  dan  tata  kelola  arsitektu informasi  perusahaan. TOGAF  merupakan  level  atas  dan  pendekatan  holistik  untuk  desain,  yang  biasanya  dimodelkan pada empat tingkat, yaitu bisnis, aplikasi, data, dan teknologi.

TOGAF memiliki pandangan sendiri, yang dapat ditentukan baik sebagai deskripsi formal dari suatu sistem, atau rencana rinci  dari  sistem  pada  tingkat  komponen  untuk  memandu  pelaksanaan,  atau  sebagai struktur  komponen,  hubungannya, prinsip-prinsip dan pedoman yang mengatur desain dan evolusi.

Pages 1 2

Share