Dibalik Selembar Kain Batik Pamekasan

Dibalik Selembar Kain Batik Pamekasan

Hosting Unlimited Indonesia

Galeri Seni House of Sampoerna (HoS) kembali memamerkan warisan budaya asli Indonesia. Kali ini HoS bekerja sama dengan Komunitas Batik Jawa Timur di Surabaya (KIBAS) bikin pameran yang bertajuk ”Dibalik Selembar Kain Batik Pamekasan” yang digelar mulai tanggal 16 – 29 Oktober 2015.

Kenapa Batik Pamekasan? Jadi, Pamekasan adalah salah satu sentra batik terbesar di Jawa Timur. Hampir disetiap kecamatannya terdapat sentra perajin batik, seperti di desa Candi Burung, Toket, Nong Tangis, Podhek, Klampar, Banyumas, Kowel, Bedung, Toroan, Parteker,  kecamatan Pandemawu dan sebagainya. Masing masing daerah menghasilkan batik dengan karakter yang berbeda-beda sesuai dengan geografi budayanya. Tapi masalahnya temen jeje, kaum awam malah menilai Batik Pamekasan identik dengan “batik murahan”. Padahal produk Batik Pamekasan juga memiliki nilai budaya dan komersial yang tinggi. Buktinya di pameran ini beberapa harga batik menembus harga jutaan rupiah!

Memang sih sudah saatnya sebagai warga negara Indonesia harusnya lebih menghargai hasil budaya asli. Jangan nunggu diklaim negara tetangga baru bikin aksi. Ini cuma dari Pamekasan ajah macam batiknya udah banyak banget, nah apalagi di Indonesia pada umumnya. Makanya kenalan lebih dalam sama batik sambil main main ke Galeri Seni HoS.

sumber : Jeje Radio

Hosting Unlimited Indonesia
Share