Membuat Paspor Online dan Tips Mengantri di Kantor Imigrasi

Membuat Paspor Online dan Tips Mengantri di Kantor Imigrasi

Kali ini saya akan membagikan cara membuat paspor secara online dan tips ketika mengantri di Kantor Imingrasi. Niat awal saya membuat paspor untuk ikut lomba tapi karena membuatnya dadakan, tidak jadi ikut deh karena paspor tidak bisa kilat (sedih dalam hati).

Tapi tidak apalah, kan bisa digunakan di lain hari. siapa tahu ada yang ngajak libuarn keluar negeri 😀

Biar tidak kelamaan curhan, langsung saja berikut tata cara dan tipsnya.

Tata Cara Pembuatan Paspor Online dan Pembayarannya:

  • Buka url berikut https://ipass.imigrasi.go.id kalau tidak bisa ketikkan di mesin pencarian “paspor online”, karena url pembuatan paspor online kadang ganti port. Tampilan awal websitenya seperti ini :

tampilan_awal

  • Setelah itu klik Pra Permohonan Personal untuk membuat pra permohonan paspor
  • Pada bagian Informasi pemohon, pilih Jenis Permohonan, jenis paspor dan kantor imigrasi yang ingin dituju. Untuk jenis permohonan dengan tipe penggantian habis berlaku / halaman penuh, masukkan nomor passport lama (apabila sebelumnya sudah mempunyai paspor) setelah itu klik lanjut.

isi_permohonan

  • Akan muncul informasi jenis permohonan dan jenis paspor yang dipilih kemudian klik lanjut.

popup

  • Lakukan pengisian data pemohon untuk jenis informasi pemohon, jika sudah klik tombol lanjut.

biodata

  • Lakukan pengisian data pemohon untuk alamat rumah dan alamat tempat kerja informasi pemohon, Jika sudah klik tombol lanjut. Dibagian lebih bersabar karena agak lama prosesnya ketika memilih Negara, Provinsi, Kota dan Kecamatan. Untuk Kecamatan apabila setelah ditunggu cukup lama tidak keluar nama-nama kecamatannya saya sarankan pilih lainnya dan isi sendiri nama kecamatannya.

alamat

  • Lakukan pengisian data pemohon untuk nama ayah dan nama ibu, Jika sudah klik tombol lanjut. Dibagian lebih bersabar karena agak lama prosesnya ketika memilih Negara, Provinsi, Kota dan Kecamatan. Untuk Kecamatan apabila setelah ditunggu cukup lama tidak keluar nama-nama kecamatannya saya sarankan pilih lainnya dan isi sendiri nama kecamatannya.

orang_tua

Setelah memasukan informasi pemohon, selanjutnya akan masuk ke informasi pembayaran dan konfirmasi permohonan yang berisi informasi pemohon, biaya permohonan paspor dan metode pembayaran. Jika sudah klik tombol lanjut.

pembayaran

  • Jika sudah sesuai informasi data pemohon, maka masukkan kode caphtcha yang tersedia dan klik tombol lanjut.

capcha

  • Setelah itu akan tampil informasi pembayaran dan konfirmasi permohonan yang berisi informasi kantor imigrasi yang akan kita tuju, tanggal yang tersedia untuk kanim yang dipilih kemudian masukan kode caphtcha dan klik tombol lanjut.

kedatangan

  • Sistem akan secara otomatis mengirimkan ke email yang pemohon daftarkan yang berisi mengenai informasi pemohon, biaya yang akan dibayarkan ke bank dan url jika pemohon sudah melakukan pembayaran.

pembayaran2

  • Berikut contoh lembar untuk pemohon yang didapat di dalam email untuk digunakan pembayaran di bank. Silahkan di cetak dan dibawa ke Bank BNI terdekat.

pengantar_bni

  • Jika pemohon sudah melakukan pembayaran di bank, maka proses selanjutnya adalah konfirmasi tanggal kedatangan. Dengan cara klik tombol lanjut atau link yang ada di dalam emai. Kemudian masukkan Nomor bukti pembayaran dan masukan kode caphtcha kemudian tekan tombol lanjut.

koonfirmasi_pembayaran

  • Akan tampil tanggal kedatangan yang tersedia di kanim, tanggal kedatangan harus sesuai dengan tanggal yang tertera pada tahap ke verifikasi. Jika sudah klik tombol lanjut.

tgl_kedatangan

  • Proses pendaftaran pra permohonan selesai dan akan menampilkan kanim yang dipilih dan tanggal kedatangan sesuai yang dipilih pemohon.

Capture

  • Setelah selesai konfirmasi, silahkan cek email anda yang berisi lampiran dokumen dan silahkan dicetak.
  • Langkah selanjutnya tinggal datang ke Kantor Imigrasi yang dituju sesuai dengan jadwal.

 

Tips dan Saran Pembuatan Paspor:

  1. Untuk kantor Imigrasi pilih Kantor Kelas 1 karena lebih cepat dari pada Kelas 2 yaitu sekitar 3-4 hari hari kerja atau pilih kantor Imigrasi yang dekat dengan domisili atau tempat kerja.
  2. Untuk Pembayaran sebaiknya langsung ke Tealer Bank BNI dan biaya admin sebesar Rp. 5.000,-
  3. Jika sudah melakukan pemdaftar online dan pembayaran di bank BNI, kemudian datanag  ke Kantor Imigrasi sesuai jadwal yang dipilih. Datanglah lebih pagi dari jam kerja Kantor Imigrasi dan duduk di dekat pintu masuk ruang pelayanan
  4. Pengalaman saya, kantor Imigrasi Bukan Pukul 08.00 saya datang disana Jam 06.00 sudah banyak yang datang. Datanglah lebih pagi dan duduk di dekat pintu masuk karena antrian akan di mulai dari pintu masuk ruang pelayanan.
  5. Jangan lupa cetak semua dokumen yang ada pada lampiran email dan bawa butki pembayaran dari bank.
  6. Untuk pendaftar online nanti nomor antriannya beda dengan yang manual, yaitu menggunakan scan barcode pada dokumen yang terlampir di email.
  7. Bawa dokumen ASLI Akta Kelahiran/Ijazah SMA atau sederajat, Kartu Keluarga (KK) dan KTP. Semunya di Foto Copy ukuran A4.
  8. Untuk KK jangan lupa sudah di tanda tangani kepala keluarga, pengalaman KK saya belum di tanda tangani dan disuruh ditanda tangani dulu.
  9. kalau dirasa semua berkas seudah siap dan lengkap tinggal mengantri saja 😀

Semoga bermanfaat bagi yang kan membuat paspor dan liburan ke luar negeri
untuk panduan lengkapnya bisa di lihat disini

Share