Omah Kayu Kreatifitas Perhutani

Omah Kayu Kreatifitas Perhutani

Hosting Unlimited Indonesia

Siapa yang tidak tahu dengan wisata “Omah Kayu” di Kota Batu yang sudah banyak dikunjungi para traveler. Lebih tepatnya berada di Taman Wisata Gunung Banyak Kota Batu yang terkenal akan wisata Paralayangnya.

Omah Kayu merupakan hasil kreatifitas dari Perhutani, yaitu sebuah rumah dari kayu yang dibangun diatas pohon-pohon besar di tepi lereng Gunung  Banyak (lumayan curam).

Ada dua rute untuk menuju ke Omah kayu dari alun-alun Batu. Pertama melewati Jl. Trunojoyo, Jl. Raya Songgoriti, Jl. Rajekwesi dan yang kedua menggunakan Jl. Indragiri, tapi rute ini tidak rekomendasi jika menggunakan mobil. Saya dan teman-teman ke Omah Kayu di waktu liburan awal tahun dan kondisi jalanan di Batu sangat macet. Untuk menghidari jalanan yang macet kita memilih rute yang kedua dan rutenya menantang bagi yang suka trip menggunakan sepeda motor 😀

Setelah menempuh perjalan yang cukup jauh, akhirnya kita sampai juga di Omah Kayu. Ada 3 retribusi masuk yang harus kita bayar, pertama masuk taman wisata Gunung Banyak sebesar Rp. 5.000,- perorang, kedua parkir sebesar Rp. 5.000,- permotor, dan yang ketiga masuk wisata Omah Kayu sebesar Rp. 5.000,- perorang.

Begitu masuk ke area wisata Omah Kayu, kita akan menemui jalan setapak yang dihiasi potongan kayu menuruni bukit (hati-hati licin jika musim hujan). Jalan ini yang akan kita lewati disetiap Omah Kayu yang ada di perbukitan.

Omah Kayu dibuat menghadap tebing dengan anak tangga untuk memasukinya, ada pulang yang tidak memerlukan anak tangga. Begitu memasuki teras rumah, ada sedikit rasa takut apakah kuat untuk menahan beban yang tubuh kita. setelah memastikan ternyata aman untuk disinggahi. Disetiap Omah Kayu ada batasan jumlah orang dalam setiap teras rumah yang bisa disinggahi.

Dengan duduk santai dan ber-selfie, kita bisa menikmati pemandangan lembah yang diisi dengan perkebunan dan pemumikman. Tempat ini sangat mengesankan sebagai tempat peristirahatan yang tenang dan damai. Cocok untuk melepas penat setelah bekerja selama satu tahun. #eh 😀

Oya disini ada sebuah permainan yang cukup menarik, yaitu menukar posisi anatara Balok Kayu A dan B tanpa membuka ikatan talinya. Kitapun tertatrik untuk mencobanya, setelah membolah-balik dengan berbgai cara, berfikir keras gimana cara mememcahkannya dan pada akhirnya kita tidak bisa memecahkannya. wkwkwkwkwkwk.

jadi tunggu apa lagi, kalau merasa sudah bosan dan penat dengan perkotaan tidak ada salahnya berkunjung kesini.

Hosting Unlimited Indonesia
Share