Cara Verifikasi EFIN Jika Gagal

Cara Verifikasi EFIN Jika Gagal

Hosting Unlimited Indonesia

Kali ini saya akan membagi pengalaman pertama menggunakan fasilitas Efiling dari Pajak. Untuk bisa menggunakan Efiling hanya ada 2 syarat yaitu nomor NPWP (Nomor Pokok Wajib Wajak) dan EFIN yang bisa di dapat di KKP (Kantor Pelayanan Pajak) terdekat.

npsn dan efin

NPWP dan Nomor Efin

Setalah mendapat nomor Efin, langkah selanjutnya adalah registrasi Efiling melalui DJP Online kemudian pilih daftar disini dan masukan NPWP, EFIN dan captcha, seperti gambar dibawah ini:

DJP Online2

apabila sukses maka akan dilanjut pada halaman berikutnya dan mengisi password, password verifikasi dan captcha kemudian kirim.

Tapi pada kasus yang saya alami tidak sukses, ketika saya mencoba  memasukkan NPSN dan EFIN dan klik verifikasi muncul pop-up “NPWP sudah terdaftar”. Aneh padahal saya belum mendaftakan NPWP saya sebelumnya.

Kemudia saya mencoba lupa password dan belum menerima link aktivasi tapi yang muncul “Anda belum terdaftar”. Akhirnya saya mencoba untuk menghubungi 1 500 200 (Kring Pajak), dan katanya Efin saya belum di aktifasi dan untuk mengaktifasi bisa ke KPP terdekat.

Dari KPP ternyata ada solusi sederhana dan caranyapun cukup mudah. Akses DJP Online kemudian pilih lupa password masukkan NPSN, EFIN, Lupa Email pilih YA dan masukkan kode keamanan kemudian Submit. Maka Link aktifasi telah dikirim ke email Anda dan buka link tersebut setelag itu akan mengisi password, password verifikasi dan captcha kemudian kirim. Apabila selesai silahkan mencoba login menggunakan NPWP dan password yang telah dibuat sebelumnya.

lupa password

semoga bermanfaat 😀

Hosting Unlimited Indonesia
Share